Jumat, 11 Februari 2011

Pengantar Komputasi Modern

pengantar komputasi modern mungkin masih terasa asing untuk sebagian orang, apakah pengantar komputasi modern tersebut?

Pengertian Komputasi modern dapat diartikan cara pemrosesan informasi atau solusi untuk memecahan masalah dari data input yang ada dengan menggunakan suatu aturan-aturan algoritma. Komputasi ini sendiri merupakan suatu bagian dari ilmu komputer dan matematika.

Dan ilmu komputasi dapat diartikan sebagai suatu bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).
Penemu ataupun penggagas dari komputasi modern yaitu John Von Neuman. John Von Neuman lah yang meletakkan ataupun menggagas dasar-dasar komputasi modern serta menggagasnya menjadi konsep serta sistem yang dapat menerima perintah-perintah yang diinginkan user dan menyimpannya dalam sebuah memori.

Terdapat beberapa poin penting dalam kerjanya untuk menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan diantaranya sebagai berikut :
1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4.Modeling(NN& GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

komputasi modern berkembang karena adanya suatu kebutuhan sistem komputer yang memiliki kemampuan komputasi tinggi semakin meningkat sejalan dengan peningkatan penggunaan aplikasi komputer untuk memecahkan berbagai masalah atau desicion support system dalam kehidupan manusia secara tepat dan cepat.
Komputasi modern mempunyai model komputasi yaitu
1. Mesin Mealy dimana dapat diartikan adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton atau finite state tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fasa saat itu dan bagian masukan/input. Dalam hal ini, diagram fasa (state diagram) dari mesin Mealy memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi.

Nama Mealy diambil dari “G. H. Mealy” seorang perintis mesin-fasa (state-machine) yang menulis karangan “A Method for Synthesizing Sequential Circuits” pada tahun 1955.

2. Mesin Moore adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton) di mana keluarannya ditentukan hanya oleh fasa saat itu (dan tidak terpengaruh oleh bagian masukan/input). Diagram fasa (state diagram) dari mesin Moore memiliki sinyal keluaran untuk masing-masing fasa.

Nama Moore diambil dari “Edward F. Moore” seorang ilmuwan komputer dan perintis mesin-fasa (state-machine) yang menulis karangan “Gedanken-experiments on Sequential Machines”.


Sumber :
1.http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
2. http://wishnew.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar